Fun People With Positive Impact

Ini Dia Perbedaan Cinta dan Nafsu Yang Kamu Harus Tau!

jatuh cinta

“Apakah aku sedang jatuh cinta?” Ini adalah pertanyaan yang sangat umum dan dialami oleh semua orang, “Bagaimana aku  bisa mengatakan kalau  aku sedang jatuh cinta?” Atau kamu bertanya bagaimana membedakan antara cinta dan nafsu.

Walau sesuatu yang umum tetapi itu bukanlah pertanyaan yang mudah dijawab. Apa yang terasa seperti cinta pada satu orang mungkin tidak lebih dari sekedar ketertarikan atau cuma hawa nafsu untuk orang lain. Beberapa orang jatuh cinta dengan cepat dan sering, sementara ada juga yang tidak pernah benar-benar jatuh cinta sesering yang mereka inginkan. Ini bisa membingungkan ketika kamu berusia remaja karena cinta romantis adalah konsep yang relatif baru bagimu dan kamu kadang tidak tahu apa yang harus diharapkan dari hubungan di usia ini.

Mungkin juga kamu merasa kewalahan dengan segala macam perasaan dan tekanan sosial baru yang muncul di hidupmu. Hal itu kadang membingungkan. Apa sih cinta itu? Apa yang membuat kamu menginginkan hubungan romantis dengan satu orang ini dan bukan orang lain? Bagaimana hatimu memilih pasangan? Mengapa cinta bisa berakhir menyakitkan? Pertanyaan-pertanyaan ini tidak dapat dijawab dengan mudah.

Ini Dia Perbedaan Cinta dan Nafsu Yang Kamu Harus Tau! 1

Ada hal lain  yang paling membingungkan dengan cinta di masa remaja adalah munculnya nafsu. Nafsu adalah perasaan ketertarikan fisik yang sangat kuat terhadap seseorang. Nafsu sangat bersifat seksual – daya tariknya dangkal berdasarkan reaksi kimia yang dihasilkan oleh tubuh dan bukannya kepedulian yang tulus. Biasanya kita bernafsu terhadap orang yang tidak kita kenal dengan baik, orang yang masih kita sukai hanya untuk berfantasi. Sangat umum bagi orang untuk salah menterjemahkan nafsu sebagai rasa cinta.

Beda Nafsu dan Cinta

Tapi kenapa? Ada apa dengan nafsu dan cinta yang membuat orang sering salah menafsirkannya? Jika nafsu adalah tentang seks, bagaimana bisa sebuah hubungan cinta jika tanpa seks? Sebagai remaja kamu mungkin memiliki berbagai pertanyaan tentang ini. Tapi hal yang pasti yang kamu perlu tahu, nafsu dan seks tidaklah dosa, jika dilakukan dalam koridor yang benar, yaitu setelah menikah.

Baca juga :

Pacaran Jarak Jauh, 5 Hal Ini Bisa Buat Hubungan LDR-an Bisa Langgeng

Sahabat Punya Pacar Baru? Hal-Hal Ini Wajib Kamu Hindari

Hawa nafsu cuma tentang hubungan fisik

Hawa nafsu adalah tentang ketertarikan fisik dan HANYA digerakan oleh ketertarikan fisik. Cinta lebih dari itu. Namun banyak remaja (dan agar adil juga, banyak orang dewasa) salah mengartikan cinta sebagai nafsu yang pada akhirnya berujung pada seks diluar pernikahan, perselingkuhan dan prostitusi.

Ini Dia Perbedaan Cinta dan Nafsu Yang Kamu Harus Tau! 2

Cinta didasarkan kepedulian, persahabatan dan saling percaya

Nafsu jelas bukan cinta. Cinta didasarkan pada lebih dari sekadar ketertarikan fisik. Tentu, ketertarikan adalah salah satu faktor dari cinta, tetapi cinta lebih dalam dari itu. Cinta didasarkan pada kepedulian, persahabatan, komitmen, dan kepercayaan. Ketika kamu sedang jatuh cinta kamu seperti sedang memiliki teman terbaik dan yang paling terpercaya untuk selalu mendampingi kamu. Selain itu kamu juga merasa tertarik secara fisik kepada dia.

Cinta itu tidak egois, tapi fokus membahagiakan pasangannya

Hal yang kedua tentang cinta yang kamu harus tau, cinta adalah perasaan yang kamu rasakan kepada seseorang dengan keinginan untuk membahagiakan orang tersebut. Cinta bukan tentang kecemburuan. Ini bukan tentang konflik. Ini bukan tentang pengujian. Cinta adalah perasaan positif. Jika itu dinodai oleh ketidakpercayaan, kecemburuan, rasa tidak aman atau dengki itu tidak benar-benar cinta tetapi hanya sebuah perasaan palsu. Cinta adalah penyerahan total hati kamu kepada orang lain dengan rasa aman bahwa dia akan memperlakukan kamu dengan baik.

Ini Dia Perbedaan Cinta dan Nafsu Yang Kamu Harus Tau! 3

Cinta membuatmu jadi orang yang lebih baik

Cinta harus terasa enak. Seharusnya tidak terasa buruk. Cinta seharusnya membuat kamu ingin menjadi orang yang lebih baik, cinta itu tidak seharusnya membuat kamu melakukan sesuatu yang merusak diri sendiri. Cinta tidak mematahkan semangatmu, tetapi mengangkatnya dan membuatnya bersinar. Cinta adalah hal yang baik.

Jika tidak seperti deskripsi di atas maka hal itu adalah nafsu, persahabatan yang mendalam atau Cuma ketertarikan. Jadi sekarang coba abaikan dulu perasaanmu yang sedang berkecamuk di hatimu, tanyakan apakah kamu memiliki deskripsi cinta yang benar di atas?

Kamu punya pertanyaan seputar masalah cinta? Silahkan komen atau bisa DM di IG @funchattersmag dan FB Messangers.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *