Fun People With Positive Impact

Mau UN Tapi Ngga Ikut Bimbel, Bisa Ngga Nilaiku Tetap Bagus?

Hai Fun People..! Baru-baru ini aku dengar cerita nih, ada seorang anak sebut saja namanya Dwi, dia duduk di  kelas XII dan meminta ke orangtuanya untuk mengijinkannya ikut bimbel (bimbingan belajar) seperti teman-temannya yang lain untuk persiapan menuju ujian nasional yang tinggal beberapa bulan lagi. Tapi sayangnya orangtuanya menolak, karena biayanya yang terbilang mahal.

Nah, apakah kamu juga seperti Dwi, merasa kecewa karena orangtua ngga bisa dukung kamu untuk ikut bimbel atau apps yang akan bantu kamu melewati ujian nasional dengan baik?

Klo “iya,” jangan lama-lama kecewanya ya. Maklumilah kondisi orangtuamu.

Percayalah kalau kamu masih bisa lalui ujian nasional dengan nilai memuaskan kalau kamu berusaha sungguh-sungguh, walau tanpa ikut bimbel atau beli apps tuntunan lulus UN kok.

Lalu gimana caranya?

Aku bagiin beberapa trik yang pernah aku lakuin ya..

  1. Beli buku kumpulan soal UN

belajar mandiri untuk un

Ya, dengan membeli beberapa buku kumpulan UN kamu bisa latihan mengerjakan soal dan dan belajar mandiri. Tentu saja, kamu harus lebih disiplin dan harus melawan rasa malasmu…

Waktu itu, aku sendiri mengerjakan latihan soal ini paling 30 menit sampai 1 jam sehari. Tapi rutin ya…

Nah, kalau kamu beli dua atau tiga buku soal UN yang berbeda, kamu bisa bandingkan soal-soal seperti apa yang sering muncul. Percaya atau ngga, soal-soal itu hampir 50 persen pasti muncul di UN nanti.

  1. Latihan satu mata pelajaran per hari saja

Mau UN Tapi Ngga Ikut Bimbel, Bisa Ngga Nilaiku Tetap Bagus? 1

Klo kerja, jangan suka borongan.  Siapa disini yang suka dengan sistem kebut semalam, artinya belajar semua mata pelajaran pas sudah deket waktu ujian.

Dari pada kaya gitu satu-satu aja, biar lebih enteng. Demikian juga belajar. Coba deh, latihan soalnya satu mata pelajaran saja per hari, jadi kamu lebih fokus.

Tapi latihannya jangan seminggu sebelum ujian ya…!

Klo target kamu ujian nasional, dan itu masih 6 bulan lagi, mulainya dari sekarang dong. Kamu bisa latihan soal per mata pelajaran, dan cek lagi soal-soalnya, seperti : ini ternyata soal dari kelas 8 loh; Klo yang ini baru aja kemarin belajar; Nah, yang ini lain lagi, dari kelas 7.

Dengan cara ini, kamu akan lebih percaya dari dalam menghadapi ujian nasional nanti.

  1. Buatlah kisi-kisi di buku kecil jadi bisa dikantongin dan dibaca dimana aja

Persiapan ujian nasional

Nah, ini trik yang lainnya. Pas, kamu kerjain latihan soal itu, kamu jadi tahu kan soal-soal seperti apa yang akan muncul. Kamu harus buka buku mata pelajaranmu dan membuat rangkuman tentang pelajaran yang berkaitan dengan soal-soal itu dalam sebuah buku saku kecil.

Setelah itu, kalau kamu lagi jalan-jalan, nonton, atau lagi santai, bacalah sejenak, cukup 15 menit atau 20 menit saja. Percaya deh, pasti banyak yang akan nyantol di otakmu, nah pas ujian hal itu akan muncul ketikan dibutuhkan.

Ingat ya, belajar tuh jangan terlalu dibawa serius. Sambil santai dan dengan perasaan yang happy akan memudahkanmu mengingat banyak hal loh..

  1. Buat target untuk kamu capai

Mau UN Tapi Ngga Ikut Bimbel, Bisa Ngga Nilaiku Tetap Bagus? 2

Biasanya kita takut ya untuk bikin target, takut ngga bisa mencapainya.

Tapi, target adalah sebuah ukuran untuk menilai kita berhasil atau ngga. Nah, klo mencapai target “alhamdulilah.” Tapi klo ngga tercapai, ngga papa kok, yang penting kamu sudah berusaha sebaik mungkin. Kamu masih bisa memperbaiki diri ke depannya dan menjadi lebih baik lagi. Jadi, jangan takut bikin target ya..

Mulai dari target latihan soal per hari, target apa yang kamu hapal dan pelajari, hingga target nilai yang ingin kamu capai.

Yang terakhir, berilah hadiah buat dirimu sendiri. Mungkin kalau kamu minta hadiah sama orangtua ngga memungkinkan, kamu bisa memberi hadiah buat dirimu sendiri untuk pecapaianmu. Hadiahnya ngga perlu mahal, contohnya nanti klo aku lulus dengan nilai baik aku mau traktir diri sendiri makan es krim kesukaanku. Nah, dengan cara itu kamu menghargai segala kerja kerasmu, dan percayalah, bahwa orangtuamu dan orang-orang disekelilingmu juga bangga dan menghargai semua upayamu. Selamat berjuang ya Fun People…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *