Fun People With Positive Impact

Tips Sukses Meraih Beasiswa Unggulan dalam Negeri, Wajib Dicoba!

Tips Sukses Meraih Beasiswa Unggulan dalam Negeri, Wajib Dicoba! 1

Biaya kuliah yang mahal bukan menjadi penghalang untuk mengenyam pendidikan tinggi, masih ada beasiswa unggulan yang bisa jadi jalan keluar.

Saat ini terdapat banyak beasiswa yang diperuntukan bagi mahasiswa S1 dalam negeri. Beasiswa yang ditawarkan pun beragam, ada beasiswa kurang mampu, beasiswa berprestasi, beasiswa daerah tertentu, dan beasiswa ikatan dinas.

Kamu harus mempelajari terlebih dahulu jenis program beasiswa unggulan tersebut. Selain itu, cari tahu informasi lainnya seputar beasiswa yang hendak kamu lamar. Nah, jika kamu sedang berburu beasiswa, maka tips berikut ini cocok untukmu terapkan.

A)   Tips Persiapkan Berkas Untuk Pengajuan Beasiswa Unggulan

berkas pengajuan beasiswa unggulan
berkas pengajuan beasiswa unggulan

Tahap awal dalam mengajukan beasiswa unggulan yaitu persiapan berkas. Tiap instansi akan meminta berkas yang berbeda-beda. Kamu bisa mencoba daftar ke beberapa instansi yang berbeda-beda, tetapi jangan sampai salah menempatkan lamaran, ya.

Secara umum, berkas yang diminta berupa:

  • transkrip nilai dengan IPK minimal 3,
  • data diri (KTM, KTP, KK, dll),
  • curriculum vitae,
  • essay,
  • surat rekomendasi kampus,
  • dan dokumen pendukung lainnya.

Agar lamaranmu lolos pemberkasan, tentu kamu harus memiliki keunggulan dari kandidat lainnya. Untuk itu coba perhatikan tips berikut agar lamaranmu stand out di mata pewawancara.

1.    Kirimkan Lamaran Sedini Mungkin

Hindari jadi deadliner karena dapat membuatmu gagal kirimkan lamaran. Menjelang hari terakhir pendaftaran biasanya website instansi penyelenggara beasiswa rentan sulit diakses. Sayang sekali bukan apabila lamaranmu gagal terkirim. Selain itu, mengirimkan lamaran segera juga dapat membuatmu dinilai memiliki persiapan yang matang.

2.    Buat Essay yang Menarik

Tips Sukses Meraih Beasiswa Unggulan dalam Negeri, Wajib Dicoba! 2
Buat essay yang menarik ya..

Kamu harus menulis essay dengan menarik. Pahami tema yang ditawarkan, lalu buat kerangka essay agar tulisanmu lebih terstruktur. Kembangkan essay dengan pertimbangan referensi dan data yang terpercaya. Kamu juga dapat menambahkan opini yang dikemas dengan bahasa jelas dan mudah dipahami.

Setelah selesai menulis essay, mintalah temanmu untuk mengoreksinya. Tanyakan pada teman apakah essay tersebut menarik dan mudah dipahami. Minta juga masukan darinya, lalu jadikan evaluasi tersebut sebagai bahan koreksi.

3.    “Jual Diri” Lewat CV

Tips Sukses Meraih Beasiswa Unggulan dalam Negeri, Wajib Dicoba! 3
Bikin CV untuk pengajuan beasiswa yang menarik ya..

 Semua informasi tentangmu dituang ke dalam sebuah Curriculum Vitae (CV). Untuk itu, buatlah CV yang jelas, ringkas, dan berbobot. CV dapat dikatakan menarik dilihat dari dua sisi yaitu sisi konten dan sisi visual. Dari sisi konten, CV tersebut harus memiliki isi yang berkualitas.

Kualitas CV cerminan dari kemampuan yang kamu cantumkan, pengalaman kerja atau organisasi, serta keahlian lainnya. Sedangkan sisi visual merupakan tampilan desain CV tersebut. Kamu tak perlu membeli jasa jual CV karena saat ini kamu bisa desain sendiri melalui aplikasi ataupun website secara gratis.

Bahkan kamu bisa memanfaatkan Microsoft Word atau Microsoft Power Point untuk membuat desain CV sederhana tapi menarik.

4.    Lampirkan Dokumen Pendukung

Dokumen pendukung dapat menambah nilai kamu saat mendaftar beasiswa. Kamu bisa menambahkan sertifikat pelatihan, piagam kejuaraan, dan portofolio. Selain CV, kamu juga dapat membuat sebuah draft portofolio karya yang pernah kamu buat. Dokumen pendukung seperti ini dapat menjadikanmu berbeda dengan kandidat lainnya.

Baca juga :

4 Hal Penting yang Harus Kamu Pertimbangkan Sebelum Memilih Jurusan Kuliah

Buat Kamu Yang Pengen Masuk PTN, Ini 7 Tips Sukses Lolos SBMPTN

B)   Tips Lolos Wawancara Beasiswa Unggulan

Tips Sukses Meraih Beasiswa Unggulan dalam Negeri, Wajib Dicoba! 4
Biar ngga grogi waktu interview untuk beasiswa unggulan, siapkan dirimu ya..

Setelah lolos seleksi berkas, kamu akan lanjut pada tahap wawancara untuk mendapatkan beasiswa unggulan impian kamu. Di tahap ini, pihak instansi akan menggali informasi lebih banyak tentang kemampuan dan kepribadianmu. Kamu dapat memenangkan hati pewawancara dengan mencoba tips berikut ini.

1.    Latihan Terlebih Dahulu

Kamu perlu melakukan latihan sebelum wawancara berlangsung. Cari tahu pertanyaan wawancara yang mungkin akan keluar, lalu siapkan jawaban terbaikmu. Selanjutnya, ajak temanmu untuk melakukan simulasi wawancara menggunakan daftar pertanyaan yang telah dibuat. Setelah itu, mintalah kritik dan masukan terhadap simulasi wawancara yang telah kalian lakukan. Jadikan masukan tersebut sebagai bahan perbaikan.

Kamu juga bisa latihan wawancara sendiri dengan ngomong di depan kaca. Lakukan berkali-kali agar kamu terbiasa untuk berbicara dengan bahasa formal.

2.    Datang Tepat Waktu

Tidak hanya tepat waktu, kamu harus datang maksimal 15 menit sebelum wawancara berlangsung. Terlambat justru membuatmu terkesan tidak disiplin dan mempunyai manajemen waktu yang buruk.

Terlambat juga dapat membuatmu tidak tenang dan gelisah. Untuk itu, datanglah lebih dulu. Kamu dapat mempersiapkan segala sesuatu di malam hari sebelum tidur. Hindari pula bergadang agar esok pagi bangun dengan cepat dan segar.

3.    Beri Kesan Pertama

Tips Sukses Meraih Beasiswa Unggulan dalam Negeri, Wajib Dicoba! 5
Pastikan kamu tampil percaya diri tapi tetap sopan ya..

Tunjukkan kesan pertama yang baik dan menarik perhatian pewawancara. Kesan pertama tersebut dapat ditunjukkan lewat penampilan dan cara kamu memasuki ruangan wawancara.

Kenakan pakaian formal dan sopan. Lalu, pastikan pula dandanmu rapi dan tidak berlebihan. Kemudian, masuk ke dalam ruangan dengan mengetuk pintu terlebih dahulu. Jabat tangan pewawancara, lalu duduklah dengan tenang.

4.    Jawab Pertanyaan dengan Tegas dan Jelas

Kamu harus menjawab pertanyaan yang lontarkan pewawancara dengan tegas dan jelas. Artinya, jawaban tersebut harus disampaikan dengan penuh percaya diri. Namun, bukan berarti sombong, ya. Sombong dan percaya diri adalah dua hal yang berbeda.

Sombong lebih menekankan sisi ke-aku-an, sedangkan percaya diri menekankan sikap optimis dan yakin. Jawaban yang kamu berikan juga harus jelas dan sesuai dengan konteks pertanyaan. Hindari menjawab berbelit-belit atau bertele-tele.

5.    Perhatikan Body Language

Tips Sukses Meraih Beasiswa Unggulan dalam Negeri, Wajib Dicoba! 6
Berdoa dulu biar ngga nervous ya..

Sering kali kamu tidak sadar telah melakukan gerakan-gerakan kecil yang justru mengganggu pemandangan pewawancara. Contohnya: menggoyang-goyangkan kaki, mengetuk-ngetuk meja, bahkan tidak menatap mata pewawancara. Tindakan kecil ini sangat mengganggu sekali. Untuk itu, kamu harus menjaga bahasa tubuh dengan baik.

6.    Tersenyum

Mengapa tersenyum? Ternyata, tersenyum dapat mengurangi rasa gugup dan cemas selama wawancara berlangsung. Tersenyum juga dapat memberi kesan ramah dan mengurangi suasana tegang.

Jadi Fun People, itulah tips yang dapat kamu coba agar  lolos seleksi beasiswa. Tentunya kamu harus mempersiapkan diri dan latihan jauh-jauh hari. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *