Fun People With Positive Impact

Buat Kamu Yang Pengen Masuk PTN, Ini 7 Tips Sukses Lolos SBMPTN

Buat Kamu Yang Pengen Masuk PTN, Ini 7 Tips Sukses Lolos SBMPTN 1

Melanjutkan pendidikan menuju Perguruan Tinggi Negeri (PTN) masih menjadi idaman bagi kebanyakan pelajar SMA. Apakah Fun People juga menginginkan hal yang sama? Jika iya, maka kamu harus berjuang melewati tahap seleksi ketat, salah satunya yaitu melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau yang dikenal dengan singkatan SBMPTN. Untuk bisa sukses lolos SBMPTN ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan, sebab jalur SBMPTN merupakan tes tulis yang juga dapat diikuti oleh kakak tingkat (maks. lulusan dua tahun sebelumnya). Itulah sebabnya sainganmu jauh lebih besar dibanding SNMPTN. Jalur SNMPTN sendiri hanya menerima angkatan di tahun yang sama saja.

Lulus SBMPTN memang tidak semudah membalikkan telapak tangan, tetapi bukan berarti tes ini terlalu sulit untuk dapat kamu raih. Bila kamu ingin lolos di PTN idaman melalui jalur SBMPTN,  yuk coba ikuti tujuh tips berikut ini.

1.      Tentukan Terlebih Dahulu Target untuk SBMPTN kali ini

Buat Kamu Yang Pengen Masuk PTN, Ini 7 Tips Sukses Lolos SBMPTN 2

Coba ambil buku atau selembar kertas, lalu tuliskan terlebih dahulu target tujuanmu. Penting sekali untuk menuliskan target. Kamu jadi punya arah sehingga lebih semangat mengejar mimpimu tersebut. Tuliskan pada halaman kosong target jurusan dan kampus yang akan dipilih. [Cara Memilih Jurusan pada Artikel Berikutnya]. Biasanya panitia memperbolehkan calon mahasiswa menentukan tiga pilihan. Contohnya: Pilihan pertama mengambil jurusan Teknik Industri di ITB, pilihan kedua Teknik Kimia di UGM, dan pilihan ketiga Kimia di UGM.

Dalam menentukan pilihan, kamu harus cari tahu dulu informasi seputar program studi dan universitas yang ingin dituju. Kamu bisa browsing di internet atau bertanya dengan orang yang paham. Selain itu, kamu juga harus gali lebih dalam tentang prospek kerja jurusan tersebut. Coba sesuaikan pilihan tersebut dengan minat, bakat, dan prospek ke depan.

2.      Persiapkan Diri Jauh-Jauh Hari Sebelum Ujian SBMPTN

Buat Kamu Yang Pengen Masuk PTN, Ini 7 Tips Sukses Lolos SBMPTN 3

Persiapan untuk menghadapi SBMPTN tidak dapat instan dilakukan menjelang hari H saja. Justru persiapan tersebut harus kamu lakukan sejak duduk di bangku kelas 12. Artinya, selama di bangku kelas 12, kamu konsentrasi penuh untuk menghadapi Ujian Nasional sekaligus persiapan SBMPTN.

Jangan sampai kamu berhenti belajar karena UN telah berakhir atau berharap sepenuhnya lewat jalur SNMPTN (non tulis). Setelah UN selesai, biasanya ada jeda waktu di antara pengumuman UN, pengumuman SNMPTN, dan pendaftaran SBMPTN. Tetaplah belajar di jeda waktu tersebut, sekalipun UN telah berakhir. Kamu sendiri belum tahu bagaimana hasil SNMPTN, bukan? Jika tidak lolos, berarti kamu sudah mempersiapkan diri untuk bertarung di SBMPTN. Tapi jika ternyata kamu dinyatakan lolos SNMPTN, tetap nggak ada salahnya untuk belajar. Ilmu tersebut akan berguna saat di bangku kuliah nanti.

3.      Atur Waktu Belajar

Buat Kamu Yang Pengen Masuk PTN, Ini 7 Tips Sukses Lolos SBMPTN 4

Persiapkan dirimu dengan membuat skala prioritas dalam belajar. Buatlah jadwal rutin untuk mempelajari dan membahas soal-soal SBMPTN. Tidak harus mengikuti bimbingan belajar (bimbel), kamu bisa memilih untuk belajar otodidak (belajar sendiri) maupun membentuk kelompok belajar. Apapun pun cara atau media yang kamu gunakan bukan menjadi penentu kelolosan. Yang terpenting adalah niat dan konsistensi dalam melakukannya.

Oh ya, hindari berselancar di media sosial ketika sedang belajar. Kamu juga harus membatasi penggunaan handphone maupun waktu bermain sampai tes SBMPTN berakhir. Yuk, stay focus!

Baca juga :
Buat Kamu Yang Mau Ikut SBMPTN 2019, Kamu Harus Siapin 4 Hal Ini

4.      Perbanyak Latihan Soal dan Try Out

Buat Kamu Yang Pengen Masuk PTN, Ini 7 Tips Sukses Lolos SBMPTN 5

Kamu wajib untuk melakukan latihan soal dan try out sesering mungkin. Tips ampuh lolos SBMPTN justru terletak pada poin ini, yaitu sering latihan soal. Dengan latihan soal, kamu tidak hanya menghapal materi saja, tetapi melatih kecepatan dalam pengerjaan soal juga, lho. Coba ikuti try out baik secara online maupun offline secara berkala. Saat ini banyak website maupun lembaga yang mengadakan try out SBMPTN.

Agar latihan soal lebih efektif, coba lakukan tips berikut ini:

  • Kerjakan terlebih dahulu semua soal tanpa melihat kunci jawaban. Kamu hanya boleh membuka kunci jawaban saat mencocokkan jawaban saja;
  • kemudian, buatlah catatan untuk tipe soal yang sering muncul dan pelajari lebih detail tentang topik tersebut;
  • kamu juga dapat membuatnya dalam bentuk ringkasan secara mapping;
  • terakhir, jangan lupa untuk latih kecepatan waktu pengerjaan dengan menyalakan stopwacth.

Tes SBMPTN tidak hanya berbicara tentang seberapa banyak soal yang dapat dijawab dengan benar, tetapi juga seberapa cepat kamu mengerjakannya. Untuk itu lakukan latihan soal dengan batas waktu sesering mungkin.

5.      Tingkatkan SkorTry Out

Takut Nilai Turun gara-gara pacaran?
Takut Nilai Turun gara-gara pacaran?

Usahakan untuk mengikuti try out atau simulasi tes SBMPTN secara berkala. Kamu dapat mengikuti kesempatan try out gratis maupun berbayar secara rutin baik melalui website ataupun organisasi yang menyelenggarakan. Lalu, usahakan skor try out yang kamu raih progresif atau selalu meningkat.

Jika kamu mengikuti program bimbingan belajar, maka usahakan nilai try out tersebut mencapai passing grade target jurusan. Pihak kampus memang tidak mengeluarkan passing grade, tetapi kamu dapat menjadikan passing grade dari lembaga bimbel sebagai acuan meraih skor target impianmu secara progresif.

6.      Jaga Kesehatan

Buat Kamu Yang Pengen Masuk PTN, Ini 7 Tips Sukses Lolos SBMPTN 6

Terlihat sepele, tetapi penting sekali supaya kamu tetap menjaga kesehatan menjelang SBMPTN. Kamu tentu tidak ingin usahamu selama ini sia-sia hanya karena jatuh sakit di hari H bukan? Untuk itu hindari bergadang, makan dengan teratur, dan beristirahatlah dengan cukup. Kamu juga dapat meluangkan waktu minimal sekali seminggu untuk jogging atau berolahraga.

7.      Tetap Tenang dan Minta Doa Restu

Berdoa sebelum ujian 
 SBMPTN
Berdoa sebelum ujian
SBMPTN

Jangan panik menghadapi SBMPTN. Kamu harus tetap tenang serta berpikir positif dan optimis. Yakinkan diri bahwa kamu pasti bisa. Jangan lupa pula untuk berdoa dan minta doa restu dari orang tua. Restu orang tua penting sekali agar kamu dimudahkan dalam mengerjakan tes SBMPTN.

Jadi itulah ketujuh tips yang dapat kamu lakukan agar lolos tes SBMPTN. Persiapkan diri sejak dini, lakukan semaksimal mungkin, dan selebihnya serahkan pada Yang Maha Kuasa. Selamat berjuang!

Sumber : Yesi Tania Afrianti – Kontributor freelance writer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *